Home / Daerah

Jumat, 1 Oktober 2021 - 15:20 WIB

Diduga Belum Kantongi Izin Lengkap, Usaha Tambang Galian C di Melawi Mendapat Sorotan Dari Ketua DPC LAKI Rafinus, A.Md

Sriwijayatoday.com | Melawi, Kalbar – Ketua DPC. LAKI (Laskar Anti Koropsi Indonesia)  Kabupaten Melawi RAFINUS,A,Md mengatakan,diduga para pengusaha tambang galian C baik pertambangan jenis sertu( Pasir Batu) maupun jenis batu Andesit yang beroperasi namun belum mengantongi izin lengkap agar segera di proses tentang legalitas tersebut.

RAFINUS yang kerap di sapa dengan sapaan Kanoh, saat di konfirmasi Awak Media menduga selama ini ada kebocoran pendapatan retribusi daerah akibat kegiatan yang belum tertib tersebut.

Maka kami sampaikan agar aparat menertibkan usaha Galian C yang belum mengantongi izin, di wilayah hukum kabupaten Melawi.

Karena, menurut RAFINUS, masih ada beberapa usaha Galian C di Kabupaten Melawi yang beraktivitas tak mengantongi izin lengkap, padahal ketentuannya jelas setiap badan usaha baik BUMN,BUMD,KOPERASI,SWASTA dan Perorangan, wajib mengantongi izin.

“Masih ada yang hanya memegang izin eksplorasi namun sudah bisa menjual, padahal syaratnya harus mengantongi izin produksi,” kata RAFINUS,
Jumat (01/10/2021).

Dijelaskan RAFINUS, proses izin usaha pertambangan (IUP) ada beberapa tahapan, setelah diajukan akan dikeluarkan IUP eksplorasi, setelah itu tidak bisa serta merta melakukan kegiatan produksi.

“Mulai dari menyelesaikan dokumen Amdal, bayar jaminan reklamasi dan lain sebagainya, setelah itu baru keluar izin produksi, nah saat itulah bisa melakukan penjualan,” tegas RAFINUS.

RAFINUS katakan kita tidak ingin kegiatan Galian C di Kabupaten Melawi masih belum tertib terutama soal perizinannya. Karena itu akan mengakibatkan kebocoran pada pendapatan daerah.

“Selain itu akan merugikan pengusaha yang sudah mengantongi izin, karena mereka yang belum memiliki izin menjual dengan harga yang murah,” tandasnya

Penulis : Jumain
Publies (Musa C)

Berita ini 64 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Aceh

Cegah Penyebaran Covid-19, Dua Lokasi Akan di Sekat Besok di Aceh Timur

Berita Sumatera

Giat Rutin Jumling Oleh Personil Kepolisian Sektor Semendo

Daerah

RLH Ungkap Ada Transaksi Jual Beli Di Kawasan LPHD KKD, ini Modusnya

Daerah

Sigap Polsek Kota Baru Tangani Korban Kasus Penganiayaan Berat yang Terjadi di Desa Keluas Hulu Kecamatan Tanah Pinoh

Daerah

Ketua PMI Melawi Hj. Nurbetty Eka Mulyastri Panji Kembali Berikan Tali Asih Kepada Sarah Aulia Bayi Penderita Kanker Darah Asal Menukung

Daerah

Dengan Melibatkan Masyarakat di keempat jaga, PemDes Motoling Mawale Laksanakan kegiatan Fisik Rabat Beton

Daerah

Polda Kalbar Gelar Tes Psikologi Bagi Personel Polres Sekadau dan Perbakin

Daerah

Proyek APBN, Drainase di Jalan Poros Sungai Ukoi Sintang Tak Pasang Plang Proyek, Langgar UU KIP dan PP 54