RajaBackLink.com

Home / Aceh / Aceh Timur / Daerah / Politik

Senin, 8 Juli 2024 - 08:23 WIB

Pansel Masih Kerja, Kandidat Bacalon Jangan ”Potong Kompas”

Saiful Amri - Penulis Berita

Pansel Masih Kerja, Kandidat Bacalon Jangan ‘Potong Kompas

ACEH TIMUR, Hingga kini Tim Panitia Seleksi (Pansel) Bakal Calon (Balon) Bupati/Walikota dari Partai Aceh (PA) masih bekerja. Oleh karenanya, masing-masing kandidat Balon Bupati khususnya di Aceh Timur harus bersabar menunggu keputusan akhir dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (DPP-PA) dan Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA).

Hal itu disampaikan mantan Bupati Aceh Timur H Hasballah M Thaib, menyikapi perkembangan suhu politik di internal Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Kabupaten Aceh Timur, yang dinilai kurang sehat dalam berdemokrasi.

“Para kandidat balon bupati harus menghargai hak demokrasi, apalagi kita Partai Aceh (PA) harus memberikan contoh berdemokrasi yang baik dan sehat, sehingga menjadi bahan edukasi politik terhadap generasi muda,” kata Rocky, sapaan H. Hasballah M. Thaib SH, Sabtu (6/7/2024).

Pria yang akrab disapa Rocky ini berharap semua balon bupati tidak berlebihan dalam melakukan silaturahmi dengan masyarakat, karena DPP Partai Aceh (PA) belum mengeluarkan keputusan, bahkan sampai saat ini tim pansel yang dibentuk DPP PA masih melakukan survey untuk melihat kandidat yang disukai masyarakat dan dicintai ulama.

Baca Juga :  Abah Anton Dukung TB Hasanuddin Tolak Usulan Pemecatan Kajati Karena Gunakan Bahasa Sunda

“Kita juga berharap ketua dan pengurus DPW Partai Aceh (PA) harus benar-benar netral terhadap kandidat balon bupati dalam Pilkada, karena disaat terjadi keberpihakan pimpinan DPW PA maka sangat berpotensi memecahbelahkan pengurus dibawahnya, baik Dewan Pimpinan Cabang – Partai Aceh (DPC-PA) maupun Dewan Pengurus Sagoe Partai Aceh (DPS-PA,” urai Rocky.

Dia melanjutkan, sikap ‘potong kompas’ yang diperlihatkan seorang pimpinan DPW-PA dalam mengajak pengurus dan simpatisan PA untuk mendukung salah satu balon bupati akan dinilai sebuah ‘pemerkosaan’ demokrasi di tingkat internal partai, apalagi menyatakan dukungan secara langsung.

“Kita ketahui sejumlah nama balon bupati mendapatkan rekomendasi DPW PA Aceh Timur dan mendaftar ke DPP PA, diantaranya Muslim Usman, Iskandar Usman Alfarlaky, H Sulaiman atau Tole dan Zulfadli Aiyub atau Kupiah Seuke. Keempatnya mendapat rekomendasi DPW PA dan didaftar ke DPP PA. Tapi nyatanya di lapangan, seorang pimpinan DPW PA mengeluarkan pernyataan dukungan untuk salah satu balon, padahal balon yang didukung pimpinan DPW PA ini bukan berdasarkan keputusan tertulis dari DPP PA, karena Tim Pansel Balon Bupati/Walikota sampai saat ini masih bekerja. Jadi ini benar-benar aneh bin ajaib, bahkan telah mengotori etika dalam berpolitik,” timpa tokoh politik dari gerilyawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini.

Baca Juga :  LSM Reuncong Aceh, Protes Keras PT.PIM,Virza Artis Ibu Kota Meriahkan HUT PT PIM Ke 42, di tengah Malam Nisfu Sya'ban.

Sebagai mantan bupati dua periode di Aceh Timur, Rocky sangat berharap para pengurus Partai Aceh (PA) di tingkat DPW dan DPC serta DPS untuk lebih dewasa dalam berpolitik. Dia menyarankan semua kader dan balon yang sudah mendaftar untuk mengikuti aturan dan proses yang sedang berlangsung di tingkat DPP PA.

“Kita harus menghargai Mualem (H. Muzakir Manaf–red) selaku Ketua DPP Partai Aceh. Artinya, sebagai kader partai tentu kita tidak boleh mendahului keputusan pimpinan. Jangan sampai terkesan ‘potong kompas’ dalam pengambilan keputusan,” tegas Rocky.

Rocky juga berharap hak demokrasi harus berlangsung secara sehat. Begitu juga dengan PA sebagai partai politik (parpol) yang lahir dari perjuangan panjang masyarakat Aceh tentu harus lebih dewasa dalam berpolitik. “PA ini milik bersama. Jadi semua punya hak dalam berdemokrasi. Oleh karena itu, jangan pangkas hak demokrasi ini,” pungkas Rocky. (*).

Editor: Ayahdidien

Berita ini 62 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Aceh Timur

NIK tidak aktif saat daftar NPWP, Tidak Pakai Lama di Dukcapil Aceh Timur

Aceh

Polres Aceh Timur Bongkar Pelaku Penyelundup Pengungsi Rohingya

Aceh

Bawa Cerita Kubu Aneuk Lhee, Teater Aceh Timur Hipnotis Penonton

Aceh

PROGRAM BEDAH RUMAH MEDCO E&P BERLANJUT, 21 UNIT RUMAH SUDAH TERBANGUN

Berita Sumatera

Derasnya Genangan Air, Membuat Resah Warga Kampung Kemulau

Aceh Timur

Pantai Pelangi, Primadona Baru Destinasi Wisata di Aceh Timur

Daerah

Diduga Beroperasi Tak Kantongi IUP Galian C, 1 Unit Excavator dan 7 Unit Mobil Dump Truck PT. BPK di Menukung Melawi di Amankan Aparat Polda Kalbar

Berita Sumatera

Pemerintah Kabupaten Way Kanan Menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Pasar Murah (Bazar murah rebo)