RajaBackLink.com

Home / Ekonomi / Headline / Nasional / Politik

Senin, 13 November 2023 - 19:26 WIB

Dorong Revisi UU Desa Segera Disahkan, Ketua Komite I Fachrul Razi Perjuangkan Peningkatan Dana Desa dan Masa Jabatan Kepala Desa

Saiful Amri - Penulis Berita

Sriwijayatoday.com | Jakarta — Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi mendorong Revisi UU Desa agar segera disahkan, pada rapat kerja Komite I DPD RI dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar, di Gedung DPD RI, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Senin (13/11/2023).

Rapat Kerja ini, Komite I DPD RI sepakat dengan Kemendes PDTT RI untuk memperkuat pembangunan dan perekonomian desa berbasis potensi desa dengan mendorong peningkatan alokasi dana desa yang bersumber dari APBN sehingga desa menerima dana desa menjadi 5 sampai dengan 10 miliar rupiah.

“Revisi UU Desa selain mempertimbangkan materi dari DPD RI, kami juga ingin dana desa naik hingga 5-10 miliar rupiah. Revisi ini untuk menjawab dinamika, aspirasi dan mampu menjawab isu-isu strategis terkait UU Desa,” ucap Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi didampingi Wakil Ketua Komite I DPD RI Sylviana Murni dan Filep Wamafma saat membuka rapat.

Senada dengan itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyebutkan pokok usulan revisi diantaranya selain masa jabatan agar ditegaskan urusan bidang pembangunan desa (perencanaan, pelaksanaan, pengawasan), kepala desa diberi ruang kewenangan secara wajar untuk menilai kinerja perangkat desa dan melakukan evaluasi Raperdes APBDesa sesuai kondisi objektif desa.

Baca Juga :  INI KATA SADARUDIN TERKAIT PENCALONAN DIRINYA SEBAGAI CALON KEPALA DESA!!! 

“Revisi ini untuk keberpihakan pemerintah kepada desa, juga mempu menata agar desa menjadi mandiri sesuai arah pembangunan desa berkelanjutan,” ujarnya.

Kemendes PDTT RI melanjutkan poin revisi lainnya yang diusulkan adalah agar disusun platform pembangunan desa, pembangunan kawasan perdesaan, serta sistem informasi desa dan kawasan perdesaan, dapat diatur lebih lanjut dalam Peraturan pemerintah.

“Kami ingin desa memiliki dan mencapai kemandirian, kata kuncinya adalah pembangunan dan pemberdayaan,” lanjut Abdul Halim.

Pada kesempatan ini, Senator asal Sulawesi Selatan Ajiep Padindang berharap adanya komitmen pemerintah melalui kementerian terkait penyelesaian revisi UU Desa agar selesai di tahun 2023. Selain itu, Ajiep menyoroti permasalahan dana desa dan mengusulkan untuk memisahkan antara dana transfer ke daerah dengan dana desa.

“Banyak terjadi tuntutan di daerah agar revisi ini UU Desa ini segera disahkan,” ucap Ajiep.

Baca Juga :  Pangdam Hasanuddin Terima Siswa Studi Strategis Dalam Negeri PPRA LX III Lemhannas RI Tahun 2022* 

Permasalahan lain yang dihadapi di daerah dikemukakan oleh Senator NTT Abraham Liyanto. Ia menyoroti masalah BUMDes di daerahnya dibanding daerah lainnya yang lebih maju karena masalah SDM dan infrastruktur yang ada di sana.

“Jangankan online dan digitalisasi, karena akses internet dan listrik masih minim, semoga diperhatikan oleh menteri desa,” tukas Abraham.

Menutup rapat, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menghimbau agar Kemendes PDTT RI melibatkan DPD RI dalam mensosialisasikan program-program pembangunan dan peningkatan ekonomi desa di daerah.

“Ini menjadi pekerjaan dan harapan kita bersama agar program-program pembangunan dan peningkatan ekonomi desa bisa berjalan baik,” pungkas Fachrul Razi.

Fachrul Razi meminta dukungan Menteri Desa, agar Aceh memiliki 2 sumber dana desa yaitu melalui dana desa revisi UU Sesa dan dana Otsus Aceh pada revisi UUPA kedepan. “Harus kita amin kan, perjuangan Ketua Komite I Pak Fachrul Razi, tutup Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar yang di akhiri dengan tepuk tangan dan senyum para undangan yang hadir.(*)

Berita ini 44 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Aceh

Sanak Keluarga Calon Jama’ah Haji Padati Halaman Masjid Agung Darusshalihin

Berita Sumatera

Lapor Pak Kapolda : Ada Tambang Diduga Ilegal di Desa Kwuala Laubicik Kutalimbaru

Headline

Lewat Virtual, Kapolres Gowa Beserta Jajaran Ikuti Rapim Polri Tahun 2022

Headline

Sambut Hari Bhayangkara Ke 76, Polsek Somba Opu Gowa Lakukan Korvey Secara Intensif

Headline

Mampir Ketemu Saudara Sekampung Anggota DPR-RI, Hinca Panjaitan Sampaikan Beberapa Hal

Headline

Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin Hadiri Yudisium Akubank

Headline

Jembatan Kalu-Kaluku Nyaris Putus, Ini Himbauan Kapolsek Bungaya

Headline

Kodim 0504/JS Bagikan Beras Kepada Warga Terdampak Pandemi Covid-19