RajaBackLink.com

Home / Headline

Jumat, 19 Januari 2024 - 10:05 WIB

Eks Ketua Komnas HAM Apresiasi Kapolri Rekrut Penyandang Disabilitas sebagai Polisi

MUHAMMAD YUSUF HADING - Penulis Berita

SRIWIJAYATODAY.COM // Jakarta – Mantan Ketua Komisi Hak Asasi Manusia (HAM), Muhammad Choirul Anam mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk merekrut penyandang disabilitas untuk mengabdi sebagai anggota Polri pada tahun ini.

 

Anam menilai kebijakan inklusif Kapolri yang ditindaklanjuti oleh Staf Sumber Daya Manusia (SDM) Polri untuk memberikan kesempatan kepada teman-teman penyandang disabilitas menjadi polisi sangat baik melalui persepektif HAM.

 

“Kami apresiasi Kapolri dengan kebijakan langkah afirmatif terhadap teman-teman penyandang disibalitas apalagi kebaikan tersebut ada sifat kekhususannya yaitu menempati mereka sesuai dengan karakter disibalitasnya,” kata Anam kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga :  Generasi Muda Aceh Timur (GEMAT) akan menyelenggarakan serangkaian agenda dalam memperingati 18 Tahun Perdamaian RI dan GAM.

 

Menurutnya, hal itu menunjukkan komitmen Polri terhadap hak asasi manusia, khususnya kepada penyandang disabilitas. “Ini langkah yang mendasar sangat baik dan saya kira langkah kepolisian patut dicontoh kementerian dan lembaga lain,” tandasnya.

Asisten Sumber Daya Manusia (As-SDM) Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Polri memulai proses rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan Bintara Polri Tahun Anggara 2024.

Baca Juga :  Menkominfo Imbau Penerima dan Penyelenggara Vaksinasi Lindungi Data Pribadi

 

“Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi,” kata Dedi dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

 

Dedi menuturkan penyandang disabilitas yang diterima akan ditugaskan untuk mengisi jabatan-jabatan seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya bersifat non-lapangan.

Berita ini 27 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Prajurit Kodam Hasanuddin Siap Membantu Kepolisian Pada Aksi Unjuk Rasa (11/04/2022)*

Headline

Tinjau Gereja Katedral, Kapolri Pastikan Beri Pelayanan dan Pengamanan Optimal di Perayaan Natal dan Tahun Baru

Headline

Patroli Dini Hari, Giat Rutin Polsek Mojoroto Dalam Upaya Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Headline

Kapolres Gowa : Libur Nataru Jangan Mudik, Kita Antisipasi Penularan Gelombang Ke 3 Virus Corona

Headline

Polres Takalar : Bhabinkamtibmas Pantau Banjir, Cermin Polri Tanggap Bencana

Headline

KEPASTIAN HUKUM PENINJAUAN KEMBALI DALAM PUTUSAN HUKUM PIDANA

Headline

Kapolsek Pantee Bidari Data Korban Terdampak Banjir

Headline

Tim gabungan Kecamatan Makassar rutin melakukan Patroli Untuk Memantau Penerapan PPKM Mikro khususnya di Kelurahan Bara Baraya Utara dan Timur.