RajaBackLink.com

Home / Headline

Selasa, 13 Februari 2024 - 20:29 WIB

Pemantau Pemilu Siapkan Award Bagi Warga Yang Mau Laporkan Caleg Nakal

MUHAMMAD YUSUF HADING - Penulis Berita

SRIWIJAYATODAY.COM // MAKASSAR, — Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) LSM PERAK membeberkan temuan dugaan pelanggaran pemilu yang sudah masuk di lembaganya.

Mahmuddin selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Monitoring LPP LSM PERAK mengatakan, lembaganya sudah menerima pengaduan masyarakat dan juga temuan langsung anggotanya di lapangan.

“Dari 24 Kabupaten se-Sulsel sudah ada, baik itu Caleg DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Sulsel maupun Caleg DPR RI dan DPD RI,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (13/2/24).

Mahmuddin juga membeberkan beberapa nama-nama caleg yang menjadi temuannya di lapangan.

“Tidak bisa kami sebutkan satu persatu namun temuannya di dominasi di Makassar, Gowa, Maros dan Takalar,” bebernya.

Lanjut Mahmuddin, temuannya sudah bisa dijadikan informasi awal dan ada beberapa sementara kami lengkapi barang buktinya.

Beberapa temuan yang disinyalir diduga melakukan pelanggaran melakukan money politik di lapangan dan berpotensi didiskualifikasi dan dipidana. Diantaranya caleg DPRD Kota Makassar, Ruslan Lallo, Jufri Pabe (Partai Nasdem), Ismail, H. Amriana, MYB, Arifin Majid (Partai Golkar), Andi Nabila, William, Andi Tenri Uji Idris, dr. Udin Shaputra Malik (PDIP), Andi Astiah, Ady Akbar (PKS), Irfan, Sahruddin Said (PAN), Arifin Kulle, Bung Ari Reza Ali (Demokrat), Andi Pahlevi (Partai Gerindra), H. Yunus (Partai Hanura), Rahmat Taqwa (PPP).

Baca Juga :  Komsos Dengan Ketua RT, Babinsa Selong Himbau Penerapan Prokes

Sedangkan untuk Caleg DPRD Sulsel, diantaranya Munafri Arifuddin/Appi, Rahmatika Dewi/Cicu, Andre Prasetyo Tanta, Riska Mufliati Lutfi, Reski Mufliati Lutfi, Ismail Manda (Nasdem), dr. Fadli Ananda (PDIP), Fatma Wahyudin (Demokrat), Fauzi Andi Wawo (PKB).

Begitupun Caleg DPR RI, diantaranya Hamka B Kady (Golkar), Rudianto Lallo, Fatmawati Rusdi (Nasdem), Hj Iswari Iskandar, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman, Anhar Rahman (Partai Gerindra), H. Asri, Hj. Mety (PKS). Sementara untuk Maros, Gowa, takalar dan Kabupaten/Kota lain sementara dalam pengkajian timnya dan didalami juga.

“Kami tidak bisa sebutkan satu persatu, intinya sudah masuk ke kami baik itu dalam giat patroli pemantauan dari H-5, pengaduan sebagai informasi awal dan temuan langsung tim kami di lapangan dan disiapkan sebagai laporan resmi ke Gakkumdu Bawaslu,” terangnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kenakalan Remaja, Polres Takalar Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di PPTQ Al Imam Al Jazary 

Mahmuddin juga menyampaikan, lembaganya akan memberikan Award kepada masyarakat yang mau melaporkan Timses maupun Caleg nakal yang melakukan pelanggaran.

“Kami akan memberikan Award jauh lebih besar dari pemberian caleg nakal tersebut jika mau mendokumentasikan, melaporkan dan jadi saksi. Kami juga sudah siapkan Tim Pengacara 40 orang untuk melindungi kepentingan hukum pelapor dan saksi tersebut,” ucapnya.

Mahmuddinpun memberikan nomor teleponnya untuk menerima pengaduan masyarakat.

“Silahkan hubungi layanan pengaduan kami di 087865256054 bisa SMS, WhatsApp maupun telepon langsung. Kerahasiaan identitas pelapor maupun saksi kami jaga,” pungkasnya.

Dengan begitu, pihaknya berharap akan meminimalisir bentuk-bentuk kecurangan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat agar tercipta rasa keadilan dan efek jera bagi pelanggar peraturan.

Sumber berita : LSM PERAK

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Di Ujung Tahun 2022, KBO Babel Dan PJS Babel Gelar Seminar Budaya Nasional
LQ Indonesia saat digeruduk mantan client

Headline

ALVIN LIM Founder LQ Indonesia Law Firm Diduga Gelapkan Bilyet Nasabah Senilai 80 MILIAR

Headline

PAM Sholat Jum’at Polwan Polres Takalar, Wujud Polri Hadir Dalam Kegiatan Keagamaan Masyarakat Takalar

Daerah

forum komunikasi Pekerja Pemakaman Jakarta (FKPMJ) Dalam Persiapan Deklarasi

Headline

Penutupan Open Tournament Sepakbola Yalet Cup 2021 Yonif Raider 755 Kostrad

Headline

Pencuri Beraksi di Masjid Ilham Bara Baraya Utara menggasak Ponsel Milik Jamaah.

Headline

Antisipasi Kriminalitas, Petugas Gabungan di Takalar Gelar Operasi Cipta Kondisi 

Headline

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad Ke Yonarmed 1 Kostrad