RajaBackLink.com

Home / Opini

Minggu, 30 Juni 2024 - 10:11 WIB

PEMIMPIN YANG BERKARAKTER AKAN DIPERCAYA ORANG

Saiful Amri - Penulis Berita

“PEMIMPIN YANG BERKARAKTER AKAN DIPERCAYA ORANG”

 

Oleh : T.M. Jamil Associate Profesor (Akademisi pada Sekolah Pascasarjana, USK, Banda Aceh)

“Kebanyakan orang mengatakan hanya intelektualitas yang dapat membuat seorang ilmuwan itu hebat dan dihormati. Jika berpikir seperti itu mereka salah, yang membuatnya hebat dan dihormati adalah sikap dan karakter” – Albert Einstein.

Saudaraku, pembaca media ini yang mulia, Jenderal H. Norman Schwarzkopf pernah mengatakan, “Kepemimpinan adalah kombinasi yang sangat kuat dari strategi dan karakter. Namun jika harus memilih salah satunya, pilihlah karakter.”

Karakter dan kredibilitas selalu berjalan bersama. Kepemimpinan tanpa kredibilitas cepat atau lambat akan hancur.

Baca Juga :  DARI DUREN 3 MENUJU KM 50

Lihat saja kepemimpinan yang diguncang oleh skandal korupsi, manipulatif atau hak asasi manusia, seperti yang terjadi pada mantan presiden Amerika, Richard Nixon, Bill Clinton atau para petinggi perusahaan Enron yang memanipulasi data keuangannya.

Karakter membuat kita dipercaya dan rasa percaya membuat kita bisa memimpin. Seorang pemimpin tidak pernah membuat komitmen kecuali melaksanakannya dan ia benar-benar melakukan segalanya untuk menunjukan integritas, sekalipun hal itu tidak nyaman baginya.

Seorang pemimpin berkarakter kuat akan dipercayai oleh banyak orang. Mereka mempercayai kemampuan pemimpin tersebut untuk mengeluarkan kemampuan mereka yang tertahan.

Baca Juga :  KETIKA CINTA TULUS HADIR, MAKA IKHLAS MELEPASKAN YANG SANGAT DICINTAI ; Renungan Menyambut Hari Raya Idul Adha

Jika seorang pemimpin tidak memiliki karakter yang kuat, ia tidak mendapatkan respek dari pengikutnya. Respek diperlukan bagi sebuah kepemimpinan yang bertahan lama.

Seorang pemimpin memperoleh respek dengan mengambil keputusan yang berani dan mengakui kesalahannya. Ia juga lebih mendahulukan kepentingan terbaik pengikut dan organisasi dibandingkan kepentingan pribadinya.

Kepercayaan adalah dasar kepemimpinan. Rusak kepercayaan, berakhir pulalah sebuah kepemimpinan. Nah, pertanyaannya kini masih adakah pemimpin yang berkarakter dan memiliki moral yang baik? Biarlah semua itu rakyatlah yang menilainya !!!

Editor: Ayahdidien

Berita ini 0 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

DE-QUR’ANISASI

Opini

TOLAK KEMENANGAN PALSU PRABOWO GIBRAN

Opini

Presiden Rakyat Lawan Presiden Gawat Darurat 

Headline

Kami Ucapkan Selamat Bersidang Kepada Hakim MK, Untuk Melahirkan “ANAK” yang Bernama Keadilan

Opini

HARI KERUNTUHAN JOKOWI NAMPAKNYA SUDAH MULAI

Opini

Skenario Perseteruan Mega dan Jokowi 

Opini

AKHIR BURUK PEMERINTAHAN JOKOWI

Opini

BEBEK LUMPUH YANG BERJALAN TERTATIH TATIH