RajaBackLink.com

Home / Headline

Selasa, 2 Juli 2024 - 06:42 WIB

Problem Solving, Bhabinkamtibmas Mediasi Permasalahan Warganya

MUHAMMAD YUSUF HADING - Penulis Berita

SRIWIJAYATODAY.COM // TAKALAR Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian di kewilayahan , peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan, dan memecahkan masalah ( problem solving ) yang dialami oleh warga binaannya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Aiptu Rizal Bhabinkamtibmas Polsek Galut sebagai pembina masyarakat di Kelurahan Bontolebang, melaksanakan problem solving / penyelesaian masalah yang terjadi pada warga binaannya, Senin malam (01/07/2024).

Adapun langkah-langkah yang diambil oleh Aiptu Rizal dalam menyelesaikan permasalahan warganya ini dengan mengajak perangkat kelurahan, serta memanggil kedua belah pihak dan juga pihak keluarga yang bertikai.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Polres Takalar Aktif Gelar Patroli Pasar Antisipasi Tindak Kriminal

Di sela sela penyelesaian masalah ini Aiptu Rizal memberikan nasehat dan himbauan Kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, dan pihak keluarga kedua belah pihak ikut menyetujui dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmasnya.

Diakhir mediasi ini, Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi.

Baca Juga :  Wakapolres Cek Personel Pengamanan Kantor KPU dan Bawaslu Takalar

Kapolsek Galut IPTU Hatta, SH saat dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Bontolebang.

“Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial”, ujar Kapolsek.

“ Dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas diharapkan dapat membantu setiap permasalahan masyarakat yang ada pada lingkungan di wilayah desa binaan untuk dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah untuk memperoleh mufakat”, tutup Kapolsek.

Berita ini 0 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Pastikan Proyek Pembangunan Nasional Hamka B Kady Kunjungi Kabupaten Selayar

Headline

Ketua umum DPP LSM Lintas Pemburu Keadilan (LSM-LPK)dengan tegas memecat 21 anggotanya.

Headline

Demi Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Katangka Gowa Pantau Jalannya Peresmian Toko Browcyl Di Wilayah Binaannya

Headline

Bongkar Mafia Tanah Di Desa Karendan, Wartawan Di Barut Diancam Oknum Mafia Tanah

Aceh Timur

Kapolres Aceh Timur Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni, Ini yang Keenam Kalinya

Headline

Sat Samapta Polres Takalar Laksanakan Patroli Rutin Ke Pasar Tradisional 

Headline

Kapolres Takalar Ikuti Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Anggota Polri TA. 2022

Headline

Pangdam Hasanuddin Hadiri Munas VII PSMTI*