RajaBackLink.com

Home / Nusantara

Jumat, 21 Mei 2021 - 09:27 WIB

Satgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad Cepat Tanggap Bencana Bantu Korban Banjir

Bagas - Penulis Berita

Sriwijayatoday.com Jakarta. Sebagai bentuk kepedulian dan aksi cepat tanggap bencana, Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud (Yonarhanud) 16 Kostrad bantu evakuasi warga di empat desa yang terdampak banjir akibat meluapnya air sungai, setelah hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Jumat (21/5/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad, Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E., dalam rilis tertulisnya di Makotis Satgas, Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Dansatgas menambahkan, dari hari Kamis (20/5/2021) intensitas hujan yang cukup tinggi sejak malam itu, menyebabkan meluapnya air dari sungai Sedalir dan sungai Lumbis, akibatnya wilayah sekitar dan termasuk rumah-rumah warga terendam banjir.

Baca Juga :  Cara Kreatif Satgas Yonif MR 412 Kostrad Rangkul para Pemuda Harapan Bangsa Di Pedalaman Papua

“Personel kita kerahkan ke lokasi banjir, Danpos Lumbis Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Letda Arh Sutrisno Sitakar beserta anggota Pos Lumbis dengan membawa pelampung dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan menuju lokasi untuk membantu warga yang terdampak banjir,” ujar Dansatgas.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil, sekitar 25 rumah warga dan satu bangunan gereja terendam banjir dengan kedalaman 0,5 meter sampai dengan 1,8 meter dan puluhan ternak milik warga hanyut tersapu banjir, serta bangunan Puskesmas pembantu yang berada di Desa Tutulibing terendam dan sebagian obat-obatan basah terendam banjir ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” pungkas Dansatgas.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Johar Baru Bantu Penerapan Prokes Di Sentra Vaksinasi

Selain membantu evakuasi, personel Satgas bersama-sama warga juga membantu membersihkan rumah warga yang diterjang kayu dan sampah yang dibawa derasnya air di Desa Tau Lumbis, Tutulibing, Duyan dan Mamasin.

Sementara itu, Danpos Lumbis Letda Arh Sutrisno Sitakar, mengatakan bahwa personel Pos Lumbis semaksimal mungkin diterjunkan ke lokasi banjir untuk membantu warga terutama orang tua dan anak-anak.

“Personel Pos Lumbis telah telah diturunkan membantu evakuasi masyarakat yang terkena banjir dan membutuhkan pertolongan, agar dapat meringankan kesulitan masyarakat,” tegas Danpos. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

Syarip H/red

Berita ini 92 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Hut Jakarta Ke 494, Harapan Besar Sekda Untuk Tanah Betawi

Nusantara

Serbuan Vaksinasi Dengan Pencapaian Target 5000 Perhari Oleh Kodim 0505/JT

Nusantara

Pangdam Jaya Pamwaskita Keberangkatan Presiden RI Kunjungan Kerja Ke Kab. Madiun Jawa Timur

Nusantara

LANAL PALEMBANG PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-114

Nusantara

Pratu Yonggi Budi Abi, Prajurit Yonif Para Raider 432 Kostrad Lulusan Tamtama Terbaik Latihan Pembentukan Prajurit Raider Ta. 2022

Daerah

Ormas PST Demo di Kejati Sumsel Terkait Dugaan KKN di 5 OPD Dinas Pemkot Prabumulih

Nusantara

Jalin Kekompakan dan Junjung Tinggi Sportifitas, Keluarga Besar Lanal Sabang Gelar Olahraga Bersama dengan Taruna/Taruni AAL-LXVIII dan ABK KRI Bima Suci

Nusantara

Kasdam Jaya Meninjau Pelaksanaan Vaksin Covid 19 tahap 2 Sapu Jagad di SMP Bukti Mulya 400 Pondok Pinang