RajaBackLink.com

Home / Headline

Sabtu, 10 September 2022 - 08:09 WIB

Kuliner Pisang Sale dari Kabupaten Aceh Timur tercatat di Inventarisasi Negara.

Saiful Amri - Penulis Berita

Sriwijayatoday.com | Aceh Timur – Kuliner Pisang Sale dari Kabupaten Aceh Timur tercatat di Inventarisasi Negara sebagai kekayaan intelektual komunal (KIK).

Penyerahan surat Inventarisasi Negara sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Drs Meurah Budiman SH MH kepada Pemkab Aceh Timur yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Dra. Zuhrawati.

“Penyerahan berlangsung di sela-sela kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal, di Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung Senin 5 September 2022,” ujar Dra. Zuhrawati, Jumat (09/09/2022).

Baca Juga :  Antusias Jamaah Ikuti Shalat Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Masjid Ilham Bara Baraya Utara Makassar

Katanya, kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal diikuti oleh sejumlah perwakilan dari kabupaten/kota yang ada di Aceh.

“Tujuannya yaitu, dalam rangka melindungi ekpresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, sumber daya genetik dan potensi indikasi geografis yang ada di Provinsi Aceh dari klaim pihak lain,” jelas Zuhrawati.

Ia menambahkan, yang mendapat sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) cuma Kabupaten Aceh Timur, yaitu dibidang kuliner pisang sale.

Baca Juga :  REVOLUSI SOSIAL

“Kita akan mengembangkan produksi pisang sale di Aceh Timur. Jumlah orang yang memproduksi pisang sale di Aceh Timur saat ini mencapai puluhan,” katanya.

Menurut Zuhra, saat ini perajin pisang sale kekurangan bahan baku untuk membuat pisang sale. Sedangkan keuntungan yang didapatkan dari produksi pisang sale mencapai Rp15-25 juta/ bulan.

“Kita akan konsisten untuk mengembangkan pisang sale. Kuliner pisang sale sudah sah milik Aceh Timur. Tidak boleh lagi diklaim oleh daerah lain sebagai kuliner mereka,” paparnya.***

Berita ini 105 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Apel Bersama Dalam Rangka Cipta Kondisi Di polsek Makassar

Headline

Klarifikasi dengan UDIN Dg Serre Terkait pemberitaan dari salah satu media Online yang Menyudutkan Dirinya

Aceh

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Lhokseumawe Ringkus Empat Kurir Narkoba.

Headline

Babinsa Bersama Kasipem Kel. Cipinang Cempedak Bagikan Sembako Kepada Warga Yang Isoman

Headline

Inilah Visi dan Misi: Ketika Saya Bermimpi Menjadi Gubernur Aceh, 2024 – 2029

Headline

Tiga Pilar Teluk Pucung Bersama Babinsa Lakukan PPKM Di Pasar Wisma Asri

Headline

Di Tuding Mengalih Fungsikan Terminal. Ini Penjelasan Kadis Hub Muara Enim.

Headline

*Pangdam Hasanuddin Hadiri HUT ke -414 Kota Makassar*