RajaBackLink.com

Home / Aceh / Ekonomi / Headline

Kamis, 8 April 2021 - 03:56 WIB

Bupati Rocky Tandatangani MoU Pembangunan Kluster Tambak Udang Dengan Ditjen KKP

Saiful Amri - Penulis Berita

Teks foto: Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH saat menghadiri Rakernis dengan Ditjen KKP RI di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). (Sumber: Diskominfo Aceh Timur)

Teks foto: Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH saat menghadiri Rakernis dengan Ditjen KKP RI di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). (Sumber: Diskominfo Aceh Timur)

Sriwijayatoday.com | Aceh Timur – Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH atau yang akrab disapa Rocky menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jendral (Ditjen) Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021) kemarin.

Selain penandatanganan Naskah Kerjasama Pembangunan Kluster Tambak Udang Tahun 2021, acara juga dilanjutkan dengan Rakernis Perikanan Budidaya yang digelar oleh Ditjen KKP RI di Hotel Crowne Plaza Kota Bandung Jawa Barat.

Penandatanganan kerjasama ini, sebagai tindak lanjut untuk program pembangunan tambak udang seluas 10.000 hektar yang akan dibangun di Kabupaten Aceh Timur, sebagai model percontohan tambak udang nasional di Indonesia.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP Sjarief Widjaja, pada pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) BRSDM, di Bandung mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sendiri telah menetapkan tiga prioritas sebagai terobosan pada Tahun 2021-2024.

Baca Juga :  Hadapi Tantangan Industri Batu Bara, Dirut PTBA Perkuat Sinergi

Pertama, peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Kedua, Pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor. Ketiga, pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

“Ketiga terobosan tersebut didukung oleh pengembangan riset kelautan dan perikanan,” sebut Sjarief Widjaja seperti dilansir kkp.go.id Selasa (6/4/2021), kemarin.

Sjarief juga menyebutkan, dalam mendukung perikanan budidaya, menurutnya, riset juga memiliki peran yang tinggi. Saat ini Indonesia memiliki komoditas unggulan di bidang budidaya antara lain lobster, udang, dan rumput laut, yang didorong secara masif dan dikembangkan untuk kepentingan ekspor.

“Salah satunya melalui teknologi tinggi tambak udang yang akan dibangun di Aceh Timur seluas 10.000 hektare,” sebut Sjarief.

Menurut Sjarief, pihaknya juga mendorong komoditas-komoditas lokal unggulan dan mengembangkan kampung-kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal, seperti Kampung Nila, Kampung Patin, Kampung Lele, Kampung Gabus, dan Kampung Garam, di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Sinergitas Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Dalam Memantau Jalannya Vaksinasi Di Kantor Lurah Katangka

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur akan segera mempersiapkan lahan seluas 10.000 hektar yang tersebar di 14 Kecamatan pesisir dalam wilayah kabupaten ini untuk dijadikan tambak budidaya udang vaname secara Cluster, sekaligus menjadi contoh untuk model secara Nasional.

Sementara itu Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH sebelumnya mengatakan, dengan dijadikan Aceh Timur sebagai Daerah model percontohan secara nasional mengenai budidaya udang vaname secara cluster bisa segera meningkatkan taraf hidup serta perekonomian masyarakat pesisir, teruta masyarakat Aceh Timur sendiri dan Aceh secara umum.

“Dengan dijadikan daerah contoh kita harapan akan disusul dengan pengembangan lainnya yang terkait dengan hasil budidaya udang vaname tersebut, sekaligus bisa menyerap tenaga kerja putra daerah ini serta dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat,” harap Bupati Aceh Timur yang akrab disapa Rocky. ( Saiful amr )

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Polres Takalar Gelar Gerai Vaksinasi Setelah Pelaksanaan Sholat Tarawih 

Daerah

Waris Sidak Pasar Tradisional Tanjungbalai Menjelang Idul Fitri 1444 H

Aceh

Aceh Timur komit cegah dampak dan resiko masalah stunting pada anak

Headline

Tingkatkan Disiplin Prokes Covid-19, Koramil 02/Mp. Prapatan Beserta Tiga Pilar Lakukan Operasi Yustisi

Headline

Patroli Dialogis Sat Samapta Polres Takalar, Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)

Headline

Lama Menjadi TO, Pelarian Tri Angga Wibowo Berakhir Di Jeruji Besi

Headline

Waris apresiasi kinerja TNI Polri pada acara halal bil halal

Headline

Puasa Bukan Halangan Bagi Babinsa Jakasampurna Bersama Tiga Pilar Berikan Imbauan Prokes dan PPKM Pada Warga