RajaBackLink.com

Home / Headline

Senin, 17 Juni 2024 - 20:32 WIB

Polres Gowa dan Polsek Jajaran Bagikan Daging Kurban Ke Warga Yang Berhak

MUHAMMAD YUSUF HADING - Penulis Berita

SRIWIJAYATODAY.COM // GOWA , Usai melaksanakan penyembelihan hewan qurban di momen hari raya Idul Adha 1445 H, Polres Gowa membagikan daging qurban ke masyarakat dan panti asuhan, Senin (17/6) siang.

Tidak hanya itu, Polres Gowa juga memberikan daging qurban kepada mitra media Polres Gowa dan beberapa aktivis mahasiswa.

Adapun sasaran yang dibagikan oleh setiap fungsi di jajaran Polres Gowa yakni warga di sekitar Bantaran Sungai Jeneberang, Panti Asuhan serta masyarakat yang ada disekitar Polres Gowa dan PHL serta warga rusun Polres Gowa.

Kapolres Gowa AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K mengungkapkan ada sebanyak 23 hewan kurban yang akan disembelih, terdiri dari 21 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Alhamdulillah kegiatan pemotongan hewan kurban hari ini berjalan lancar, semua hewan qurban sudah disembelih. Kegiatan penyembelihan akan diselesaikan hari ini juga,” ungkapnya.

Penyembelihan tak hanya dilakukan di Polres Gowa, melainkan di Polsek serta Polsubsektor jajaran juga melalukan penyembelihan hewan kurban dan kemudian dibagikan ke masyarakat. Sehingga, dapat melaksanakan ibadah kurban bersama-sama.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Utara Terima Penghargaan Tinggi dari Mendikbud Nadiem Makarim. 

“Jadi, dari total 21 ekor sapi dan 2 ekor kambing, tidak hanya disembelih disini, namun ada juga di Polsek serta Polsubsektor jajaran sebanyak 17 ekor hewan qurban dan dagingnya kita langsung dibagikan ke masyarakat. Sehingga kita dapat secara bersama-sama melaksanakan ibadah kurban,” tambahnya.

Untuk pembagian daging sendiri, Kapolres mengatakan bahwa Polres Gowa tidak menerapkan sistem kupon. Melainkan, langsung memberikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Daging hewan kurban yang sudah dibungkus langsung kita bagikan secara door to door ke warga masyarakat. Cara ini guna menghindari kerumunan, dan pembagian daging hewan kurban tepat sasaran,” harapnya.

Lanjutnya, sebelum dibagikan daging hewan qurban tersebut diperiksa terlebih dahulu oleh petugas kesehatan hewan.

Ditempat yang sama, petugas kesehatan hewan drh Widodo selaku Medik Veteriner memastikan semua hewan kurban milik Polres Gowa yang disembelih bebas dari penyakit dan layak konsumsi.

Baca Juga :  Lomba Kicau Mania di PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim Sumsel.

“Pada kegiatan ini kita melaksanakan pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan pada gigi hewan qurban, untuk mengetahui usia hewan qurban tersebut. Kemudian pemeriksaan pada hati hewan qurban, apakah terdapat cacing pita di dalam hati qurban tersebut. Begitupun, paru, limfa, dan organ lainnya juga dilakukan pengecekan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan hewan qurban tersebut, lanjut drh. Widodo, Hasilnya dari 21 ekor sapi & 2 ekor kambing oleh tim kesehatan dinyatakan sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Jadi semua sapi dan kambing hewan kurban sebelum dipotong dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit yang mengkhawatirkan. Begitu juga berdasarkan hasil pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan pasca disembelih, daging hewan kurban baik, kondisi hati, ginjal, limpa, dan muzzle pada hewan kurban tidak ditemukan kelainan atau penyimpangan. Jadi, semua aman dan layak konsumsi,” tutupnya.

Humas Polres Gowa

Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Operasi Yustisi di Pasar, Sat Samapta Jaring Puluhan Warga Tidak Gunakan Masker 

Headline

13 Terduga Pelaku Geng Motor Diringkus Polisi di Gowa, 10 Ditetapkan Sebagai Tersangka

Headline

Angga Ali Waluyo Sah Menjadi Sekertaris Forwan Lokal Sergai

Headline

Kabaharkam Mabes Polri Resmikan Gedung Baru Polsubsektor Bontonompo Selatan Polres Gowa

Aceh

Zulfadli Oyong Saweu Sikula SMAN 1 Ranto Peureulak bersama HIMAT 

Headline

Rakernas DPN Peradi Dimulai, Pangdam XIV/Hsn Harap Dapat Pererat Silaturahmi dan Komunikasi* 

Aceh

Adakah Sentuhan sosial dari Pemkab atau Dermawan Untuk Mak War Agar Dapat Menggapai Asa..

Daerah

DPC Partai Demokrat Prabumulih Kunjungi 5 Panti Asuhan