RajaBackLink.com

Home / Nusantara

Senin, 10 Mei 2021 - 14:27 WIB

Satgas Yonarhanud 16 Kostrad Laksanakan Tes Swab Antigen Bagi Pelintas Batas

Bagas - Penulis Berita

Sriwijayatoday.com Jakarta. Sebagai upaya mencegah penyebaran dan menekan angka penyebaran covid-19 di daerah perbatasan dan munculnya varian baru covid-19 serta gelombang tsunami covid yang terjadi di India, yang dikhawatirkan masuk ke Indonesia, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16 dibantu tim Kesehatan setempat memperketat pemeriksaan dengan melaksanakan tes swab antigen terhadap pelintas batas, baik keluar maupun masuk ke indonesia di pos-pos lintas batas Satgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Senin (10/5/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad, Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E., dalam rilis tertulisnya di Makotis Satgas, Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Dikatakan Dansatgas, kegiatan pemeriksaan terhadap pelintas batas ini memang sudah menjadi tugas rutin dan menjadi tanggung jawab kami sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia, dimana kami sebagai garda terdepan di perbatasan antara ke dua negara. Selain itu juga, sebagai upaya kita bersama dalam menyukseskan program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Aktor Kian Santang Ini Alih Profesi Buka Kuliner

Dengan dapatnya dukungan alat Swab antigen dari Komando Atas dalam hal ini Mabes TNI, dengan jumlah alat swab seluruhnya berjumlah 4.000 pcs dengan rincian, Pos (SSK1) 2000 pcs, Pos (SSK2) 700 Pcs, Pos (SSK 3 dan 4) @300 pcs, Pos (SSK 5) 700 pcs. Swab antigen tersebut dilaksanakan dengan melibatkan tim dari kesehatan puskesmas setempat dan hasil koordinasi dengan Satgas Covid yang ada di wilayah terdekat Pos-pos lintas batas.

Dansatgas menambahkan, apabila mendapatkan pelintas batas akan dilaksanakan pengecekan dan diberikan pemeriksaan swab, apabila terhadap WNA yang belum dan tidak membawa hasil Swab dari Malaysia, akan berikan dukungan agar memastikan kondisi orang tersebut. Dari hasil swab tersebut, apabila didapatkan hasil postif, bagi WNI akan dilaksanakan karantina langsung di bawah Satgas covid-19 Kabupaten Nunukan dan apabila WNA akan dilakukan pengembalian atau tidak diperkenankan masuk wilayah indonesia,” tambah Dansatgas.

Baca Juga :  Perkuat Silaturahmi Dengan Tokoh Betawi, Dandim 0507/Bekasi Hadiri Perayaan lebaran Bekasi Tahun 2022

“Jika kami mendapatkan pelintas batas dengan hasil Swab antigen negatif pun, akan kami laksanakan dan berikan himbauan untuk melaksanakan karantina selama lima hari, upaya kami dalam memastikan kesehatan di wilayah perbatasan,” ujarnya

Kegiatan swab antigen ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat perbatasan dalam berkegiatan sehari-hari.

Dansatgas juga menekankan, agar masyarakat tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang telah ditentukan dalam penanganan Covid-19, walaupun hasil dari swab dinyatakan negatif tetap laksanakan mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan, terutama pada saat ini hindari mudik terlebih dahulu.

Dansatgas berharap prosedur protokol kesehatan tetap harus kita pedomani bersama dalam setiap aktivitas. Semoga dengan meningkatkan kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan ini, tetap menjadikan kita sebagai masyarakat yang tetap produktif ditengah pandemi ini,” harapan Dansatgas. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Nusantara

Dandim 0505/Jakarta Timur Lepas Pasiter Yang Purna Tugas Periode 1-09-2021

Daerah

Lanal Palembang Terima Kunjungan Team Penelitian Mandiri Dari Badan Pembina Ideologi Pancasila(BPIP)

Nusantara

Danrem 091/ASN Dampingi Gubernur Kaltim dalam rangka Penyerahan Remisi Umum Warga Binaan dan Anak Se-Kaltim dan Kaltara

Nusantara

Danyonif Raider 509 Kostrad Serahkan Bingkisan Lebaran

Nusantara

Babinsa Kaliabang Tengah Hadang Pemotor Tak Bermasker Saat Laksanakan PPKM Skala Mikro

Nusantara

Courtesy Call Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut Tingkat III Angkatan 68 keWalikota Sabang

Nusantara

Anggota TNI AD Otsus Papua di hadirkan dalam Vaksinasi Dosis 2 Koramil 03/ Serpong

Daerah

Peserta Pelantara-10 Jelajahi Hutan Mangrove di Kampung Bahari Nusantara