RajaBackLink.com

Home / Aceh Timur / Headline / Organisasi

Rabu, 19 Mei 2021 - 15:38 WIB

FAKSI Desak Baitul Mal Umumkan Daftar Penerima Bantuan Rumah dan Rehab ke Publik

Saiful Amri - Penulis Berita

Sriwijayatoday.com | Aceh Timur Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny Hariyanto, mendesak pihak Baitul Mal Aceh Timur untuk segera mengungkap daftar penerima bantuan pembangunan rumah dan rehab bagi fakir – miskin di Aceh Timur selama beberapa waktu terakhir.

Hal itu diutarakan Ronny menyusul polemik yang menerpa Baitul Mal Aceh Timur, pasca dilakukannya pemeriksaan oleh pihak Kejaksaan Aceh Timur akhir -akhir ini.

” Kita minta Baitul Mal umumkan ke publik siapa saja penerima rumah bantuan dan bantuan rehab rumah selama ini, dibuka saja agar masyarakat bisa tahu semuanya,” kata Ronny, Rabu 19 Mei 2021.

Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu menduga Baitul Mal Aceh Timur kurang transparan dalam pengelolaan penerimaan maupun soal daftar penerima bantuan tersebut selama ini.

Baca Juga :  Puan: Surpres Calon Panglima TNI Atas Nama Jenderal Andika Perkasa

” Sepertinya ada banyak hal yang ditutup – tutupi di sana, kami pernah minta data soal daftar penerima rumah yang dibangun, tapi katanya sudah diserahkan ke jaksa, emangnya mereka enggak punya data pertinggalnya lagi? masuk akal enggak itu alasannya,” ujar Putera Idi Rayeuk berdarah Aceh -Minang tersebut.

Dia menegaskan pihaknya akan menunggu dalam tempo sepekan ini agar Baitul Mal segera mengumumkan ke publik, baik soal penerimaan maupun pendistribusian bantuan itu, sebelum pihaknya menempuh langkah – langkah lain untuk memperoleh transparansi publik dari lembaga yang bertengger berkat Zakat, Infaq dan Sedekag (ZIS) itu.

” Kami akan beri waktu Baitul Mal mengumumkannya ke publik pekan ini, atau kami akan menggelar aksi demonstrasi bersama masyarakat dalam beberapa waktu kedepannya,” sebut aktivis cadas yang dikenal sangat kritis soal isu – isu sosial, terutama soal kemiskinan,pengangguran, demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) itu.

Baca Juga :  Kapolsek Somba Opu Pimpin Apel Pengamanan Dalam Rangka Aksi Unras Di Halaman Kantor Pemda Gowa

Dia mengingatkan Baitul Mal semestinya lebih transparan dalam hal distribusi bantuan tersebut, meskipun tanpa diminta.

” Kita ingin memastikan bahwa semua bantuan rumah dan rehab itu memang diterima oleh masyarakat yang berhak, dan sudah menjadi hak masyarakat pula untuk tahu siapa saja penerimanya, kalau memang selama ini semuanya baik – baik saja, lalu kenapa mereka sampai diperiksa oleh jaksa,” pungkas alumni Universitas Ekasakti itu menutup keterangannya. (Saiful amr/Rony)

Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Headline

Jelang HUT RI Ke-77, Tripides Bungaejayya Berbagi Bendera Merah Putih ke Warga

Daerah

Kapolda Jatim Resmikan Kebun Ketahanan Pangan di Polres Blitar

Headline

Jumat Berkah, Ketua Persit KCK PD XIV Hasanuddin Ny. Amelia Andi Muhammad Bagi Takjil*

Headline

Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76, Polda Sulsel Menggelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis

Headline

Kapolres Takalar Turut Hadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar 

Headline

TMMD Ke-119 Tahun 2024 di Wilayah Kodam XIV/Hsn Resmi Ditutup, Pangdam XIV/Hsn : Pertahankan Semangat Kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat*

Headline

Menanti keseriusan Bawaslu Lamsel dalam melakukan penindakan dugaan many politik

Aceh

Sekretaris DPC Gerindra Aceh Timur , Aidul Azhar S.Kom.i Deklarasi Prabowo-Gibran Bersama Emak-Emak sekecamatan madat.